Langsung ke konten utama

Katanya INTP itu Si Pemikir

Kali ini, saya akan menulis tentang kepribadian berdasarkan Myr Briggs Type Indicator atau biasa disebut MBTI. Pertama tau tes ini gegara stalking di salah satu ask.fm cowok yang saya jadikan kriteria cowok idaman. Setelah coba di tes di situs berbahasa Indonesia hasil yang didapatkan adalah kepribadian INTP. Karena masih ragu, saya coba lagi di situs 16personalities.com saran dari shilla, dan hasil yang didapatkan TETAP INTP. Bagaimanakah kepribadian INTP itu?
INTP adalah singkatan dari Introvert, Intuiting, Thinking, Perceiving.
I-Introvert
N-iNtuiting
T-Thinking
P-Perceiving
Jadi berdasarkan beberapa sumber yang telah saya baca orang dengan kepribadian INTP adalah seorang pemikir dan juga seorang perancang.
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan orang berkepribadian INTP :
Kelebihan :
·         Dominan sebagai seorang analis dan pemikir abstrak.
Kepribadian INTP memerhatikan konteks/pola besar. Mereka juga memiliki kemampuan yang mengesankan untuk melompat dari satu ide ke ide yang lain, menghubungkan mereka dengan cara-cara yang biasanya membingungkan sebagian besar jenis kepribadian lain.
Saya setuju dengan statement ini karena saya sendiri suka memiliki ide-ide yang lumayan cukup banyak namun sulit untuk menjelaskan ke orang lain.

·         Jujur dan to the point.
INTP tidak suka berpura-pura dan melihat tidak ada gunanya berbasa-basi. Mereka jelas akan menyatakan pendapat mereka dan mengaharapkan orang lain untuk membalas pendapat mereka.
Sangat setuju sekali dengan pernyataan ini, karena saya akan mengatakan hal yang tidak berkenan secara langsung.

·         Objektif.
Orang dengan kepribadian INTP sangat logis dan rasional, beranggapan tidak ada gunanya melibatkan emosi dalam proses pengambilan keputusan. Akibatnya, mereka cenderung bangga diri karena adil dan tidak memihak.
Statement di atas tidak begitu kuat untuk saya, karena terkadang saya perlu melibatkan perasaan dalam menghadapi orang-orang yang PERLU butuh pemahaman, namun sebagian besar saya lakukan tanpa perasaan.

·         Imajinatif dan original.
Pikiran INTP yang selalu bekerja, selalu memproduksi ide secara tidak terputus-putus, siang atau malam. Tidak mengherankan, INTP tidak memiliki kesulitan dengan datangnya inovasi dan solusi.
Selain dari tes ini, saya pernah melakukan tes psikotes saat smp dulu dan mendapatkan hasil bahwa saya memiliki sifat imajinasi yang tinggi. Dan juga ketika mendapat tugas lebih suka mengerjakannya terlebih dahulu daripada langsung menyontek teman.

·         Open minded.
INTP cenderung berpikiran terbuka dan mau menerima ide-ide yang berbeda asalkan didukung oleh fakta dan logika. Selain itu, INTP biasanya cukup liberal ketika ada norma-norma dan tradisi sosial, menilai orang semata-mata atas dasar ide-ide mereka.
Hal ini juga menjadi sifat saya. Ketika ada suatu permasalahan saya selalu berfikir positif akan hal ini.

·         Antusias.
Kepribadian INTP dapat menghabiskan banyak waktu mencoba untuk mencari tahu hal yang menarik perhatian mereka. Mereka juga akan sangat antusias ketika membahas topik baru dengan orang lain.
Jangan heran ya semua kalau lagi udah nemu suatu topik pasti akan stuck disitu. Jadi cenderung cuek sosial.

KELEMAHAN :

·         Kadang suka linglung.
INTP mampu memfokuskan semua upaya mereka pada analisis ide spesifik, tetapi juga suka mengabaikan ide atau topik lain. Mereka mungkin lupa atau hanya kehilangan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan objek yang menarik mereka, sehingga terkadang mereka suka linglung.
Terkadang ketika diberi pertanyaan selain apa yang menjadi topik di otak cenderung linglung mwehmweh.

·         Menebak-nebak sendiri.
INTP memang seorang analis yang sangat baik, tetapi mereka sering kekurangan ketegasan dari karakter Judging (menunda pendapat, menimbang-menimbang keputusan). INTP merasa cukup sulit untuk memutuskan ide mana yang terbaik, selalu mencari informasi lebih lanjut dan meragukan kesimpulan sendiri.
Saking banyaknya ide, terkadang suka bingung mau pake ide yang mana yawhhh.

·         Sensitif.
INTP cenderung merasa sulit untuk memasukkan emosi dalam proses pengambilan keputusan, memfokuskan semua upaya mereka berdasarkan rasional secara tepat. Akibatnya, mereka sering tampil sebagai sensitif atau menjadi bingung ketika berurusan dengan situasi emosional.
Dari tes psiko juga saya adalah seorang yang sensitive.

·         Penyendiri dan penarik diri.
INTP sering enggan untuk membiarkan siapa pun di dalam pikiran mereka, apalagi hati mereka. Mereka sering dijumpai sebagai pemalu di antara teman-teman.
Sebenarnya dulu ketika masih kecil termasuk anak yang cukup aktif dalam kelompok, namun memasuki masa remaja karena lingkungan yang mungkin agak ehhhhh ya jadi seperti ini.

·         Terkadang merendahkan orang lain.
Kepribadian INTP biasanya bangga dengan pengetahuan dan kemampuan penalaran yang luas, tetapi mereka mudah frustasi ketika menggambarkan pikiran mereka ke orang lain. Ketika mempresentasikan ide-ide kepada orang lain, INTP sangat menikmati presentasi tersebut, tetapi agak kesulitan dalam menjelaskan secara detail bagaimana ide tersebut.
Karena memang sedikit punya sisi perfeksionis jadi terkadang langsung ceplas ceplos terhadap orang yang mencoba menghambat usahanya.

·         Tidak suka aturan.
INTP membutuhkan banyak kebebasan dan hanya memiliki sedikit rasa hormat terhadap aturan dan tradisi yang dapat membatasi keinginan mereka.
Aturan hanya menghambat kreatifitas yang sudah diciptakan.


Komentar

  1. Aku paling setuju sama yg ini "Aturan hanya menghambat kreatifitas yang sudah diciptakan."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget broh.
      Manusia diciptakan untuk berkreatifitas!!!!!!! bukan di atur kaya robot

      Hapus
  2. Ini bener bngt ka, kdng ada org yg salah persepsi ttg INTP yg gk sensitif, yg orgnya tegas lah, dingin lah, dll. Padahal INTP itu linglung-an. Sering kebingungan sendiri 😂

    BalasHapus
  3. Intp is the next millenial boss

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hello

Find Me Facebook : Shofia Nur Inayah Twitter : @shofiainyh Instagram : @shofiainyh Line : shofiainyh Ask.FM : ShofiaInayah Google++ : Shofia Nur Inayah  

Rantau? Seberapa tangguhkah kamu bertahan

Setaun telah menjalani peran sebagai anak rantau pastinya akan membuat banyak perubahan. Di tulisan kali ini, ingin berbagai pengalaman tentang masa-masa peralihan dari seorang anak sekolah menjadi anak kuliahan. Untuk yang kenal saya secara pribadi mungkin sudah tau, kampus mana yang akhirnya saya tuju untuk melanjutkan pendidikan saya. Sampai saat ini banyak yang bertanya kenapa akhirnya saya memutuskan untuk menjadi anak rantau padahal dulu saya besar di lingkungan yang bisa dikatakan maju. Hampir setaun saya menetap di kota Ambon, yap salah satu kota yang letaknya di timur Indonesia. Banyak pertanyaan dari teman-teman, keluarga, bahkan diri saya sendiri masih bertanya kenapa harus kuliah di Ambon? Padahal nilai saya gak buruk-buruk amat buat bisa masuk di daerah asal saya di Pulau Jawa. Pertanyaan lainnya yang selalu muncul yaitu emangnya disana ada keluarga? Di tulisan kali ini saya akan cerita tentang bagaimana saya akhirnya memutuskan untuk hidup di daerah yang tidak ada sa